Pages

Euro Makin Terpuruk Gara-gara Yunani Tolak Perpanjangan Bailout

Senin, 16 Februari 2015

Euro melemah pada Selasa (17/02) hari ini bersamaan dengan permasalahan konferensi hutang Yunani dengan menteri-menteri keuangan Zona Euro yang belum juga temukan titik temu, walau sebenarnya batas saat pembayaran hutang bakal selekasnya berakhir, yaitu akhir bln. ini, di sisi lain Yunani belum mempunyai uang. EUR/USD diperdagangkan pada 1. 1334 atau alami penurunan 0. 18 % serta EUR/GBP juga melemah 0. 50 % ke angka 0. 7386.

Ekstensi Hanya satu Jalan keluar?

Dalam konferensi yang dikerjakan di Brussel pada Senin tempo hari (yang disebut kelanjutan konferensi pada minggu lantas) , beberapa petinggi Athena menampik proposal yang meminta perpanjangan bailout internasional sampai enam bln.. Di sisi lain Ketua Konferensi itu, Jeroen Dijsselbloem, yang juga adalah Menteri Keuangan Belanda, menyampaikan bahwa ekstensi atau perpanjangan bailout ialah hanya satu langkah yang paling baik, atau dengan eksplisit, cara itu ialah jalan keluar tunggal. Alhasil, konferensi itu selesai sebagian jam lebih lama dari pada jadwal tanpa ada hasil sebab ke-2 kubu masih tetap keduanya sama bersikukuh.

Tetapi, Yunani masih tetap di beri peluang sampai hari Jumat besok untuk beralih pikiran serta ajukan surat keinginan perpanjangan bailout, meski Yanis Varoufakis, Menkeu Yunani, terus meyakini bahwa Yunani serta Zona Euro bakal meraih perjanjian tanpa ada Yunani butuh meminta perpanjangan bailout.

Bailout hutang untuk Yunani sekarang ini yang sebesar EUR240 miliar bakal berakhir pada tanggal 28 Februari serta pemerintahan Yunani baru yang anti-austerity ini mau selekasnya menyelesaikan bailout hutang serta mencari langkah lain untuk menghidupkan ekonomi negaranya serta menangani kebangkrutan tanpa ada menumpuknya lagi dengan hutang. Bahkan juga, ada kemungkinan Yunani bakal keluar dari Zona Euro di mana gerakan ini dimaksud dengan " Grexit " .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar